Kebijakan dan Strategi Khalifah Usman bin Affan


  • Nama : Nurrahman
  •  Mapel : SKI 
  • Kelas : X Putra dan Putri MA. ZAINAL ARIFIN 
  •  Pelaksanaan : 9 Mei 2020 (belajar dirumah)


Khalifah Usman bin Affan terpilih menjadi khalifah melalui Dewan Syurayang dimana anggotanya antara lain : Abdurrahman bin Auf, Zubair bin Awwan , Saad bin Abi Waqash, Thalhah bin Ubaidillah, Ali bin Abu Thalib dan Usman bin Affan.Adapun kebijakan dan Strategi Usman bin Affan antara lain :
1. Perluasaan Wilayah
Pada masa Khalifah Usman terdapat beberapa kekuasaan islam diantaranya adalah melanjutkan usaha penaklukan Persia. Kemudian Tabaristan,Azerbaijan,dan Armenia. Usaha perluasaan daerah kekuasaan Islam tersebut lebih lancer lagi setelah dibangunnya Armada laut. Satu persatu daerah di seberang laut ditklukannya, antara lain wilayah Asia kecil, pesisir Laut Hitam, pulau Cyprus, Rhodes, Tunisia dan Nubia.

Dalam upaya pemantapan dan stabilitas daerah kekuasaan islam di luar kota Madinah, khalifah Usman telah melakukan pengamanan terhadap para pemberontak yang melakukan maka di daerah Azerbaijan dan Rai, karena mereka enggan membayar pajak, begtu juga di Iskandariyah dan di Persia.

2. Standarisasi Al-Quran
Pada masa Usman, terjadi perselisihan di tengah kaum muslimin perihal secara baca Al-quran(qiraat). Perlu dketahui telebih dahulu bahwa Al-Quran diturunkan dengan beragam cara baca. Karena persisihan ini, hamper saja terjadi perang saudara. Kondisi ini dilaporkan oleh Hudzaifah Usman memutuskan untuk melakukan penyeragaman cara baca Al-Quran. Cara baca inilah yang akhirnya resmi dipakai oleh kaum muslimin.Dengan demikian, perselisihan dan perpecahan dapat dihindari
Dalam menyusun cara baca Al-Quran resmi ini. Khalifah Usman melakukannya berdasarkan car abaca dipakai dalam Al-Quran yang disusun oleh Abu Bakar. 

Setelah pembukuan selesai, dibuatlah beberapa salinannya untuk dikirim keMesir, Yaman, Kufah, Basrah dan Mekkah.Satu mushaf disimpan di Madinah.Mushaf-Mushaf inilah yang dikenal dengan Mushaf Usmani.

3.  Pengangkatan Pejabat Negara
Pemeintahan Usman berlangsung selama 12 tahun. Kepemimpinan Usman sangat berbeda dengan kepimpinan Umar.Ini mungkin karena umurnya yang lanjut dan sifatnya lembut.Akhirnya pada tahun 35 H/655 M, Usman dibunuh oleh kaum pemberontak yang terdiri dari orang-orang yang kecewa itu.
Salah satu factor yang menyebabkan banyak kecewa terhadap kepemimpinan Usman adalah kebijaksanaannya mengangkat keluarga dalam kedudukan tinggi.Harta kekayaan Negara,oleh kerabatnya dibagi-bagikan tanpa terkontrol oleh Usman sendiri

4.  Pembangunan Fisik
Usman berjasa membangun bendungan untuk menjaga arus banjir yang besar dan mengatur pembagian air ke kota-kota. Dia juga membangun jalan-jalan, jembatan-jembatan, masjid-masjid dan memperluas mesjid Nabi di Madinah

  • Keterangan:
  • Silahkan dibaca dan Fahami Materi ini kemudian Jawablah pertanyaannya di bawah ini sebagai penilaian kenaikan kelas.
  • semoga menjadi ilmu yang Nafi'. aamiin

  • Pertanyaan
  1. Bagaimana proses pengangkatan Usman bin Affan sebagai Khalifah?
  2. sebutkan dan jelaskan Strategi Khalifah Usman bin Affan?



Selamat Mengerjakan dan tetap menjaga kesehatan.










Komentar